Akibat Lockdown, Tour of Flanders 2020 Upayakan Digelar September

Akibat Lockdown, Tour of Flanders 2020 Upayakan Digelar September. Balapan Tour of Flanders 2020 akibat virus corona sempat mengalami penundaan. Namun panitia turnamen memastikan pergelaran tetap akan dilangsungkan pada tahun ini atau jelang akhir musim panas. Pihak penyelenggaraan turnamen bergengsi balapan sepeda Tour of Flander juga berkoordinasi dengan UCI terkait tertundanya ajang ini.

Sebelumnya, balapan sepeda Tour of Flander sudah dipastikan digelar pada bulan April 2020, tepatnya tanggal 5. Turnamen tersebut, dikenal juga dengan Ronde Van Vlaandere, harus mengalami penundaan event karena kasus corona yang belum juga usai. Sebagai penggantinya, turnamen yang telah diikuti 13 pembalap dari 8 tim terpaksa mengikuti balapan virtual.

Meskipun harus menunggu waktu yang sedikit lama dari perkiraan, sebagian peserta menanggapi dengan respons yang baik. Mereka menganggap bahwa balapan virtual itu sangat luar biasa. Philip Beke yang merupakan panitia penyelenggaraan Primus Classic bahkan telah menawarkan slot untuk dapat digunaan saat ajang Tour of Flander 2020 nanti dimulai.

Akibat Lockdown, Tour of

Akibat Lockdown, Tour of

Tawaran Slot Kalender Primus Classic

Selain Tour of Flander, balapan Primus Classis juga dikenal dengan julukan GP Impanis Van Petegem. Balapan resmi ini merupakan balapan dengan konsep single day atau hanya berlangsung dalam sehari. Kegiatan dilaksanakan di Flemish Belgia sudah sejak tahun 1982. Pada tahun 2019 silam, seorang pembalap bernama Edward Theuns masuk sebagai juara.

CEO dari Flander Classic bernama Tomas Van Den juga membenarkan pergantian tanggal dan telah melakukan perbincangan dengan pihak Primus Classics http://68.183.190.39. Dia juga menyatakan jika keputusan memindahkan jadwal balapan bukan berada di pihaknya. Akan tetapi, Van De tetap mengusahakan jika Tour of Flander 2020 tetap bisa dinikmati di tahun ini.

Untuk memberikan harapan besar, Van Den Siegel bahkan membicarakan penawaran penggunaan slot kalender Primus Classic. Dan sangat penting bagi Van untuk menentukan beberapa pilihan. Dia belum dapat mengatakan pilihan tersebut sebagai opsi rencana B. tegasnya lagi, semua keputusan tetap berada di tangan penyelenggaraan UCI. Jadi tunggu saja keputusan resminya tersebut.

Akibat Lockdown, Tour of

Lockdown, Tour of

Balapan Virtual Tour of Flanders

Selama corona belum tuntas, panitia UCI telah menangguhkan beberapa turnamen balap sepeda hingga awal Juni 2020. Usai melakukan press release pada rabu 1 April, UCI menegaskan jika ada tiga ajang besar Grand Tour yang lebih diprioritaskan termasuk Tour of Flander 2020. Dua lainnya adalah Milan San Remo dan Paris Roubaix.

De Ronde seharusnya start dari Antwerp to Oudenaarde. Sayangnya akibat korona, ajang balapan edisi 104 terpaksa harus ditunda. Ajang ini termasuk balapan tertua dan pertama digelar pada 1913 di Belgia. Sepanjang sejarahnya, ajang balapan De Ronde sudah mengalami empat kali penundaan di tahun 1915 sampai masa perang dunia ke 1.

Dan sebagai gantinya, panitia akan menggunakan opsi lain berupa balapan virtual edisi Lockdown. Jadwal balapan akan dilaksanakan pada hari Minggu sesuai kalender panitia. Tour of Flander seharusnya ditempuh oleh pembalap sejauh 267, 2 km, namun di edisi virtual balapan hanya dilakukan sejauh 32 km.

Akibat Lockdown, Tour of

Tour of Flanders 2020

Diharapkan hal ini akan mendapat respons positif juga seperti perlombaan virtual lainnya. selain itu, peserta tidak akan dirugikan dan tetap bisa mengikuti ajang perlombaan ini. Agar acara Tour of Flander berkesan lebih hidup, panitia kegiatan berencana melakukan bekerja sama dengan stasiun TV local, yakni Sporza untuk menyiarkan balapan virtual.

Balapan bertajuk Lock Down disiarkan secara live. Dengan dipandu oleh dua orang komentator ternama, Jose De Cauwer dan Michel Wuyts, acara Tour of Flander 2020 edisi lock down akan sangat menarik.