Cross Country Rally 2020 Mengambil Rute Thailand Malaysia

Cross Country Rally 2020 Mengambil Rute Thailand Malaysia. Asia Cross Country Rally 2020 tahun ini akan mengambil rute Negara Thailand dan Malaysia. Ajang rally raid yang biasa juga disebut dengan AXCR ini telah dimulai sejak tahun 1996 dan didukung oleh The Federation International Automobile (FIA). Oleh sebab itu, ajang ini merupakan salah satu ajang rally terbesar di Asia.

Perwakilan dari berbagai negara di Asia seperti Thailand, Myanmar, Taiwan, Jepang, dan Indonesia juga telah turut meramaikan pada AXCR tahun 2019 lalu. Sedangkan pada ajang yang diadakan pada 2020 tahun ini, pesertanya belum diumumkan secara pasti. Berikut ini adalah detail mengenai AXCR tahun 2020 yang memilih rute Thailand Malaysia ini.

Detail Ajang Asia Cross Country Rally 2020

Seperti tahun sebelumnya, AXCR 2020 akan digelar pada Bulan Agustus. Menghabiskan waktu selama 7 hari, tepatnya dimulai pada tanggal 9 hingga 15 Agustus. Rutenya dimulai dari Hua Hin, Thailand, kemudian berakhir di Kuala Lumpur, Malaysia. Pendaftarannya sendiri telah dibuka pada tanggal 6 Maret dan akan ditutup pada 12 Juni 2020.

Asia Cross Country Rally

Ajang Asia Cross Country Rally 2020 akan melewati Chumphon, Surat Thani, Hat Yai, kemudian melalui perbatasan Thailand dan Malaysia. Dilanjutkan dengan melalui Kedah State, Ipoh, dan kemudian berakhir di Kuala Lumpur, Malaysia. Peserta melewati berbagai tempat, seperti hutan, tepi pantai, padang pasir, pegunungan,  hingga rawa-rawa, dengan cuaca yang tidak bisa diperkirakan.

Asia Cross Country Rally

Pada AXCR 2020 ini terdapat beberapa kategori, di antaranya motor, quad, sidecar, auto, dan truck. Truck sendiri merupakan kategori baru yang memiliki syarat kendaraan berupa truk kecil dengan berat tidak lebih dari 2 ton. Selain itu terdapat kategori baru lainnya bernama Class T2A yang masuk dalam auto atau menggunakan mobil.

Asia Cross Country Rally

Peserta akan dikenai biaya yang meliputi akomodasi, konsumsi, dokumentasi, servis kendaraan, dan sebagainya. Misalnya Anda dikenai biaya sebesar US$ 1,400 per orang untuk biaya medianya. Detail biaya dapat diketahui langsung di website resmi Asia Cross Country Rally 2020. Anda juga bisa mengunduh lembar pendaftaran secara langsung di website resminya tersebut.

Sejarah Tim Indonesia dalam  Asia Cross Country Rally

Perwakilan Indonesia telah mengikuti ajang AXCR ini sejak tahun 2015. Salah satu kejuaraan yang pernah disabet adalah pada tahun 2018. Yaitu pada kategori motor wanita, Tim JNE Furukawa Battery Indonesia Rally Team menjadi juara 1 sekaligus 2. Kedua pemenang bernama Irma Ferdiana dan Ayu Windari berasal dari Jawa Timur, Indonesia.

Kemudian pada ajang sebelum Asia Cross Country Rally 2020 , yaitu Agustus 2019, Indonesia memiliki 6 pembalap yang turut berpartisipasi. Empat orang mengikuti kategori mobil, sisanya adalah 3 pembalap yang mengikuti kategori motor. Pada tahun ini peserta harus menempuh jarak sebesar 2400 kilometer dengan rute yang dimulai dari Pattaya, Thailand, dan berakhir di Myanmar.

Pada tahun 2019, tim Indonesia harus melawan 65 mobil dan 34 motor berasal dari 8 negara di Asia lainnya. Namun, 6 pembalap tersebut belum berhasil merebut juara. Menurut peserta asal sbobet Indonesia, pelajaran penting dapat diambil dari ajang tersebut. Salah satunya adalah mobil yang baru selesai disiapkan ternyata harus diuji dahulu.

Sedangkan untuk ajang AXCR tahun 2020, karena baru saja dibuka pendaftarannya maka belum diumumkan siapa saja pesertanya. Namun, karena adanya persebaran Covid-19, beberapa acara seperti Asian Cross Country Championship di Hongkong juga ditunda. Sedangkan kepastian mengenai hubungannya dengan Covid-19  untuk Asia Cross Country Rally 2020 belum ada kabar adanya penundaan.