Ultra Marathon 2020 Dijadwalkan Ulang karena Covit-19

Ultra Marathon 2020 Dijadwalkan Ulang karena Covit-19. Gede Pangrango Ultra Marathon 2020 merupakan salah satu ajang maraton tahunan yang menggunakan medan cross country. Medannya sendiri masih termasuk di dalam Taman nasional Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat. Acara ini sudah ada sejak tahun 2015. Namun, ajang ini sempat ditiadakan pada tahun 2016 dan 2017.

Kemudian dilanjutkan pada tahun 2018 dan 2019. Gede Pangrango Marathon ini menjadi ajang lari Internasional yang memiliki kualifikasi peserta telah berumur 18 tahun atau lebih. Terdapat beberapa kategori yang dibedakan berdasarkan jarak tempuh, elevasi medan, serta total minimal waktunya.

Kategori dalam Gede Pangrango Ultra Marathon 2020  tersebut antara lain Gepang Ultra (GPU), Gepang Trail (GPT), Gepang Fun (GPF), dan Gepang Hooray (GPH).  Sebelum mengikuti ajang ini, banyak hal yang perlu dipersiapkan, baik fisik maupun peralatan. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum menyaksikan perhelatan ini.

Covid-19 Menjadi Alasan Utama Gede Pangrango Ultra Dijadwalkan Ulang

Kasus Covid-19 pertama di Indonesia muncul pada awal Maret 2020. Hal tersebut mendorong pemerintahan untuk mengambil beberapa tindakan, salah satunya adalah menerapkan kebijakan social distancing dan menutup beberapa lokasi umum. Alasan itu pula menjadikan penyelenggara Gede Pangrango Ultra Marathon 2020 yang awalnya dilaksanakan bulan Maret memutuskan untuk menundanya.

Awalnya maraton yang bisa dikategorikan dalam lari cross country tersebut akan diselenggarakan pada 21 Maret. Namun, karena pertimbangan Covid-19, acara tersebut dijadwalkan ulang menjadi tanggal 26 dan 27 September 2020. Jadwal baru tersebut telah diumumkan di http://139.180.223.65 website dan sosial media resmi Gede Pangrango marathon, termasuk juga di akun instagramnya.

Gede Pangrango Ultra Marathon

Gede Pangrango Ultra Marathon

Ternyata selain Covid-19, diperkirakan penutupan kegiatan wisata pendakian yang ada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango juga menjadi alasan lainnya. Penutupan tersebut telah berlangsung sejak Bulan Desember 2019 dan rencananya akan berakhir pada 31 Maret 2020. Jalur tersebut ditutup dengan tujuan untuk memulihkan ekosistem, antisipasi cuaca ekstrem, dan operasi bersih gunung.

Gede Pangrango Ultra Marathon

Gede Pangrango Ultra Marathon

Kini bagi yang ingin mengikuti acara tersebut, registrasi sudah bisa dilakukan di website resminya. Pendaftaran akan ditutup pada 22 Agustus. Terpantau pada 10 April 2020, pendaftar sudah sebanyak 59 orang untuk kategori GPH dan 60 peserta di kategori GPF. Sedangkan kategori GPT dan GPU masing-masing adalah 29 dan 19 orang.

Gede Pangrango Ultra Marathon

Gede Pangrango Ultra Marathon

Detail Gede Pangrango Ultra Marathon 2020 yang Telah Dijadwalkan Ulang

Pada kategori GPU atau Gepang Ultra, jarak yang ditempuh adalah sejauh 61 km. Elevasi totalnya adalah 5900 meter. Rute yang diambil meliputi Selabintana, Surya Kencana Edelweiss Park, kemudian masih berlanjut melewati beberapa tempat lainnya. Lari cross country tersebut akan berakhir di Selabintana kembali. Maksimal waktu yang ditentukan adalah 26 jam.

Selanjutnya pada kategori GPT atau Gepang Trail, jarak tempuhnya adalah 42 km. Sedangkan elevasi total adalah 4260. Rutenya juga dimulai dan diakhiri di Selabintana. Gede Pangrango Ultra Marathon 2020 akan melewati beberapa tempat seperti Mount Gede Summit dan Mount Pangrango Summit. Batas waktu maksimalnya adalah 19 jam.

Kuota untuk kategori ini adalah sebesar 200 peserta. Kategori Gepang Fun atau GPF harus melewati jarak sepanjang 24 meter dan elevasi totalnya 2200 meter. Rutenya adalah Selabintana atau Pondok Halimun Gate, Surya Kencana Edelweiss Parks, dan Mount Gede Summit. Kemudian kembali lagi ke Selabintana melalui Surya Kencana Edelweiss Park.

Kategori ini menggunakan ketentuan waktu maksimal selama 11 jam. Terakhir adalah kategori Gepang Hooray (GPH) dengan jarak 21 km dan elevasi total 675 meter. Ketentuan waktu maksimalnya adalah 5 jam.

Pertandingan maraton ini belum sepopuler pertandingan olahraga lainnya, seperti sepak bola. Akan tetapi, banyak peminat yang membuat pertandingan ini diadakan di Indonesia. Anda bisa melihat lebih detail berbagai kategorinya di website resmi. Apabila ingin mengetahui informasi terbaru juga bisa melalui Instagram resmi milik Gede Pangrango Ultra Marathon 2020.