Suisse 2020 Harus Rela Lakukan Balapan Virtual

Suisse 2020 Harus Rela Lakukan Balapan Virtual. Tour de Suisse 2020 bukanlah satu-satunya perlombaan balap sepeda yang digelar dalam bentuk virtual. Langkah yang sama pun dilakukan oleh banyak balapan lain di belahan dunia. Langkah ini dilakukan panitia sebagai akibat dari kemunculan virus corona beberapa bulan terakhir. Dampaknya membuat Tour de Suisse tahun 2020 harus ditunda.

Tour de Suisse edisi virtual akan dilaksanakan pada 22 sampai 26 April mendatang. Bersama dengan professional tim lainnya, Tour de Suisse mencoba melakukan persaingan ketat pada lintasan Rouvy Indoor Cycling Reality. Lintasan ini dibuat dalam bentuk platform dan peserta dapat melihat suasana lintasan melalui layar monitor secara real time.

Balapan virtual Tour de Suisse 2020  dijadwalkan akan menggunakan format baru bernama The Digital Swiss 5. Di sana pembalap akan bersaing satu sama lain meskipun tidak dalam arena terbuka. Balapan virtual akan disiarkan secara langsung melalui siaran Radio Swiss dan juga stasiun TV SRF.

Pandemi Corona Membatasi Ruang Gerak Pembalap

Balapan virtual banyak disambut baik oleh para rider, terutama Stefan Kung, pembalap asal Swiss dan Groupama-FDJ. Menurut Stefan Kung, virus corona yang melanda dunia beberapa bulan ini telah menghambat ruang geraknya dan menjadi masa sulit untuk rekannya serta seluruh dunia. Banyak event http://185.157.233.40 yang harus tertunda bahkan dibatalkan oleh panitia.

Sejumlah ajang balapan dunia, termasuk Tour de Suisse 2020 harus rela merasakan waktu tersulit di mana seluruh pemainnya tidak dapat beraksi dalam waktu tepat. Corona memang mempengaruhi segala aktivitas pesepeda dan demi keamanan bersama, banyak orang memilih bersepeda secara indoor. Imbasnya berpengaruh pada kondisi pembalap bahkan sekelas professional.

Tour de Suisse 2020

Tour de Suisse 2020

Ajang Virtual untuk Meningkatkan Motivasi

Balapan digital virtual menurut Kung adalah cara yang menarik terutama untuk menarik perhatian para sponsor. Sementara direktur utama olahraga Trek Segafredo, Georgy Rast sangat menyambut baik agenda balapan virtual. Menurutnya acara ini sangat berguna untuk tetap memotivasi para pembalap profesional.

Menurut Rast, Tour de Suisse 2020 adalah ajang balapan profesional dan bergengsi. Sangat sayang jika harus membatalkannya. Sebagai gantinya, pembalap bisa merasakan virtual menyerupai balapan sesungguhnya layaknya balapan di arena terbuka. Berdasarkan kalender UCI, balapan resmi Tour de Suisse seharusnya dilaksanakan pada awal pertengahan Juni antara tanggal 6-14.

Tour de Suisse 2020

Tour de Suisse 2020

Dibatalkan Pertama sejak Era Perang Dunia

Tour de Suisse merupakan ajang balapan luar negeri yang pertama kali digelar sejak tahun 1933. Sudah hampir 90 tahun lamanya, ajang Tour de Suisse menjadi balapan paling eksis hingga kini. Selain pembatalan karena virus corona, Tour de Suisse juga pernah ditiadakan selama perang dunia, yaitu antara tahun 1940 sampai 1945.

Imbas dari kasus corona juga berdampak pada pembatalan perdana Tour de Suisse 2020 yang seharusnya berlangsung pada 6 sampai 14 Juni mendatang. Pembatalan tersebut bahkan sudah resmi diumumkan di hari Jumat 3 April 2020. Pihak penyelenggara memutuskan pembatalan turnamen karena beberapa sebab.

Tour de Suisse 2020

Tour de Suisse 2020

Beberapa penyebab utama karena ketidak pastian kapan corona akan berakhir. Kemudian munculnya kebijakan Negara lain tentang aturan bersepeda. Alasan lain untuk menghindari risiko terjadinya kasus di antara pesepeda. Terancamnya tidak mendapat pemasukan jika masih digelar dan jika terjadi penundaan maka pihak penyelenggara bisa mengalami pembengkakan dana.

Karena beberapa penyebab pembatalan, akhirnya panitia Tour de Suisse terpaksa mengikutsertakan pembalap melalui ajang virtual Tour de Suisse tahun 2020 bersamaan dengan 15 tim Wold Tour dan tim Nasional. Nantinya akan dilaksanakan pada akhir bulan April, balapan virtual Tour de Suisse 2020 akan berlangsung sebanyak 5 etape.